Cilacap, 14 Mei 2024 – Babinsa dari Koramil 06 Kesugihan, Sertu Hartoyo bersama Personil Koramil 06 Kesugihan, menunjukkan dedikasinya dalam membantu proses penanganan tanggul jebol yang terjadi di Desa Bulupayung, Kesugihan, Cilacap. Dalam situasi darurat ini, Babinsa menjadi ujung tombak dalam memberikan bantuan dan memastikan keselamatan warga desa.

Kejadian tanggul jebol tersebut terjadi pada Minggu sore, ketika curah hujan yang tinggi melanda wilayah Kesugihan. Air sungai yang meluap mengakibatkan tanggul di Desa Bulupayung tidak mampu menahan tekanan air yang deras, sehingga mengakibatkan jebolnya tanggul tersebut. Hal ini mengancam keselamatan penduduk dan lahan pertanian di sekitarnya.

Setelah menerima laporan mengenai kejadian tersebut, Sertu Hartoyo segera bergerak cepat ke lokasi untuk memberikan bantuan dan koordinasi dengan pihak terkait. Dalam upayanya, Sertu Hartoyo tidak hanya bekerja sendiri, tetapi juga melibatkan anggota TNI lainnya, serta masyarakat setempat.

Babinsa ini mengorganisir tim darurat yang terdiri dari personel TNI dan warga desa. Mereka bekerja sama dalam upaya memperbaiki dan menguatkan tanggul yang jebol. Dengan menggunakan alat-alat sederhana yang ada di sekitar, mereka berusaha memperbaiki kerusakan dan mengendalikan aliran air agar tidak merusak lebih banyak wilayah.

Selain itu, Babinsa dan timnya juga melakukan evakuasi warga yang berada di daerah yang terancam bahaya. Mereka memastikan bahwa semua warga dievakuasi dengan aman dan ditempatkan di tempat yang lebih tinggi dan aman. Selama proses evakuasi, Babinsa memberikan bimbingan dan memberikan semangat kepada warga desa agar tetap tenang dan bersabar menghadapi situasi darurat yang sedang terjadi.

Kehadiran Babinsa dari Koramil 06 Kesugihan ini memberikan harapan dan kekuatan bagi warga desa. Dengan kerja keras dan sinergi antara TNI dan masyarakat, proses penanganan tanggul jebol dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Dalam sebuah pernyataan, Sertu Hartoyo mengatakan, “Kami sebagai Babinsa bertanggung jawab untuk melindungi dan membantu masyarakat di wilayah binaan kami. Kami siap memberikan bantuan secepat mungkin dalam situasi darurat seperti ini. Semoga kerja keras kita semua dapat membantu masyarakat dan mengurangi dampak dari bencana alam ini.”

Diharapkan dengan upaya yang dilakukan oleh Babinsa dan timnya, penanganan tanggul jebol di Desa Bulupayung dapat segera diselesaikan. Ini menjadi contoh nyata bagaimana peran Babinsa dalam mendukung masyarakat di tengah kondisi darurat. Keberadaan mereka memberikan kepercayaan dan rasa aman bagi warga desa yang terdampak.

Bagikan Berita