Pada tahun 2024 ini, Pemerintah Desa Bulupayung, Kecamatan Kesugihan, kembali melaksanakan pendataan dan pemutakhiran data terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya desa dalam memantau dan mengevaluasi kemajuan pembangunan yang telah dicapai serta mengidentifikasi tantangan yang masih harus dihadapi.

Sosialisasi Pendataan dan Pemutakhiran Data SDGs
Pada tanggal 12 Juni 2024, Pemerintah Desa Bulupayung mengadakan kegiatan sosialisasi pendataan dan pemutakhiran data SDGs. Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa, perangkat desa, tokoh masyarakat, dan perwakilan warga dari tiap RW. Tujuan utama sosialisasi ini adalah untuk:

  1. Menjelaskan pentingnya pendataan dan pemutakhiran data SDGs bagi kemajuan desa.
  2. Memaparkan indikator-indikator SDGs yang akan menjadi fokus pendataan.
  3. Mengkoordinasikan teknis pelaksanaan pendataan di tingkat dusun dan RT.
  4. Meminta dukungan dan partisipasi aktif masyarakat dalam proses pendataan.

Indikator SDGs yang Menjadi Fokus
Berdasarkan hasil analisis Pemerintah Desa Bulupayung, terdapat 10 indikator SDGs yang menjadi fokus pendataan dan pemutakhiran data pada tahun 2024, meliputi:

  1. Kemiskinan
  2. Kelaparan dan Ketahanan Pangan
  3. Kesehatan dan Kesejahteraan
  4. Pendidikan Berkualitas
  5. Kesetaraan Gender
  6. Air Bersih dan Sanitasi Layak
  7. Energi Bersih dan Terbarukan
  8. Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi
  9. Inovasi dan Infrastruktur
  10. Kehidupan di Darat

Harapan dan Komitmen Bersama
Melalui kegiatan sosialisasi ini, Pemerintah Desa Bulupayung mengajak seluruh warga untuk berpartisipasi aktif dalam proses pendataan dan pemutakhiran data SDGs. Data yang akurat dan mutakhir akan menjadi dasar yang kuat bagi perencanaan dan pelaksanaan program-program pembangunan desa yang lebih terarah dan berdampak.

Kami berharap, kerja sama yang erat antara Pemerintah Desa dan masyarakat Bulupayung dapat menghasilkan data SDGs yang komprehensif. Selanjutnya, data tersebut akan digunakan untuk menyusun roadmap pembangunan desa yang sejalan dengan visi Indonesia Maju 2045 dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Pendataan dan pemutakhiran data SDGs merupakan langkah strategis bagi Desa Bulupayung untuk mengetahui capaian dan tantangan pembangunan yang masih harus dihadapi. Melalui upaya ini, kami optimis dapat mewujudkan desa yang makmur, sejahtera, dan berkelanjutan di masa depan.

Bagikan Berita